Tentang Kami

Laboratorium Tanah merupakan salah satu laboratorium di bawah Jurusan Produksi Pertanian.

Berdiri sejak tahun 1991 Lab. Tanah yang merupakan salahsatu lab. Tertua di Politeknik Negeri Jember. Sehingga lab. ini sangat dibutuhkan saat semester-semester awal pada semua prodi yang ada di Jurusan Produksi Pertanian, sebelum mahasiswa mengenal budidaya.

Laboratorium Tanah memiliki fasilitas pengujian fisik dan kimia tanah. Diharapkan mahasiswa yang sudah menempuh praktikum di lab. Tanah bisa mendeteksi mana lahan tanah yang subur maupun miskin hara, serta tau cara untuk mengatasinya yaitu dengan meningkatkan kesuburan tanahnya dan memetakan lahan berdasarkan tingkat kesuburannya.

Peralatan Lab.

Tersedia 2 Ruang praktikum masing-masing terdiri atas 30 kursi. Lab. Tanah memiliki peralatan listrik, kaca, dan besi. Peralatan lab. seperti Spectrofotometer, Flamefotometer, Oven, Tanur, pH meter, Timbangan digital, Beaker Glass, Petri dish, Pipetgondok, pipet ukur, casa grande, dll   learn more 

Pengelola Lab.

Dipimpin oleh Ir. Abdul Madjid, MP, Lab. Tanah memiliki satu orang Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) Ahli Muda, serta tiga orang teknisi laboran.   learn more

Sesuai dengan peranan dari sebuah laboratorium sebagai salah satu komponen penting dalam mewujudkan tujuan Tri Dharma Perguruan tinggi secara efektif. Laboratorium juga melaksanakan TUPOKSI (tugas, pokok, dan fungsi) yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

PENDIDIKAN

Laboratorium Tanah melakukan proses pendidikan dalam hal praktikum, baik itu dilaksanakan di dalam laboratorium, lapang, praktek di luar kampus maupun survei di luar kota. Praktikum yang dilaksanakan di Lab. Tanah antara lain : Dasar-dasar Ilmu Tanah, Kesuburan Tanah, Pupuk dan Pemupukan, Survei dan Pemetaan Lahan, dan Pertanian Organik

PENGABDIAN

Dalam menunjang Politeknik Negeri Jember melaksanakan pengabdian kepada masyarakat, Lab. Tanah ikut aktif dalam pengabdian di bidang pembuatan pupuk organik, maupun persiapan media tanam.

PENELITIAN

Laboratorium Tanah juga membantu kelancaran penelitian baik Mahasiswa, Teknisi/ PLP, dan Dosen. Dalam hal pengambilan sampel serta pengujian fisik dan kimia tanah.

Pengelola Laboratorium

Ir. Abdul Madjid, MP

Ketua Laboratorium

see detail

Edi Sucipto, SP, MM

Teknisi PNS

see detail

Yusuf Dwi K., A.Md

Teknisi PPNPN

see detail

Nura Dian Maharani, S.Si

Teknisi PPNPN

see detail

Desi Kartika S., S.ST

Teknisi

see detail

Portal Layanan Laboratorium

Galeri Kegiatan

Fasilitas dan Kegiatan yang di lakukan oleh Laboratorium Tanah

Ruangan Lab. Tanah

Praktikum Lab.

Praktikum Lapang

Pengabdian