Tentang Kami

Selain difungsikan sebagai fasilitas penunjang kegiatan praktikum Laboratorium Pengolahan Hasil Pertanian ditunjuk sebagai tempat olah pasca panen dari hasil produksi tanaman pangan, holtikultura dan perkebunan di lingkungan Jurusan Produksi pertanian, Politeknik Negeri Jember.

Dimulai pada tahun 1990 pembangunan Laboratorium Jurusan Politeknik Negeri Jember yang disesuaikan dengan Standart Nasional Perguruan Tinggi yang merupakan pengembangan layanan Perguruan Tinggi untuk menjadi “World Class University”. Adapun fitur – fitur yang tersedia di website berupa Informasi akademik, Civitas, E-Learning, Publikasi Ilmiah, dan Layanan Fasilitas (Laboratorium).

Laboratorium Pengolahan Hasil Pertanian juga menyediakan layanan “Pasca Penelitian” bagi civitas akademika (Dosen, PLP, dan Mahasiswa) berupa analisa uji cita rasa kopi, buah dan hasil produksi tanaman lainnya.

Peralatan Lab.

Tersedia 4 Ruang praktikum masing-masing terdiri atas satu unit ruang asistensi, satu unit ruang kerja kelompok dan dua unit ruang pengolahan yaitu pengolahan tanaman perkebunan serta pengolahan pangan dan holtikultura.  learn more

Pengelola Lab.

Dipimpin oleh Ir. Titien Fatimah, MP, Lab. Pengolahan Hasil Pertanian memiliki staff yang ahli dalam bidang Uji Cita Rasa kopi, pengolahan produk istan, pembuatan bumbu olah serta sirup buah yang berkaitan dengan Pengolahan Pangan dan holtikultura serta perkebunan.   learn more

Fasilitas

Laboratorium Pengolahan Hasil Pertanian mengutamakan penggunaan Alat Olah sebagai sarana kegiatan akademis. Adapun Kegiatan tersebut sebagai berikut:

Praktikum

Menunjang kegiatan Praktikum pada semua program studi di lingkungan Jurusan Produksi Pertanian, Mata kuliah yang di ampu antara lain:
1. Pasca Panen Kopi dan Kakao
2. Pasca Panen I
3. Pasca Panen II
4. Pengolahan Hasil Tanaman Holtikultura
5. Pasca Panen Lanjutan

Penelitian

Penelitian membutuhkan alat dan fasilitas yang menunjang untuk mendapatkan hasil pengamatan yang sahih natau valid, oleh karena itu Laboratorium Pengolahan Hasil Pertanian menyediakan layanan dalam kegiatan penelitian ilmiah berupa:
1. Uji Kekerasan Buah
2. Uji Brix Kadar Glukosa
3. Uji/Metode Cita Rasa Kopi

Layanan Analisa

Tidak sedikit penelitian membutuhkan analisa penelitian yang lebih dalam “Advanced”, banyak perhitungan data yang salah jika menggunakan peralatan manual, oleh karena itu Laboratorium Pengolahan Hasil Pertanian menyediakan alat analisa seperti:
1. Perangkat Peralatan Gelas (beaker glass, pipet, dll)  
2. Alat Timbang Analitik dengan ketelitian tinggi
3. Mikroskop
4. Alat Olah ( Vacuum fryng, pemasta, sealer, pulper, dll).

Pelatihan / Seminar

Tidak hanya menyediakan fasilitas, Laboratorium Pengolahan Hasil Pertanian memiliki SDM yang ahli untuk melaksanakan pelatihan / seminar tentang:
1. Bumbu Instan Aneka Rasa
2. Sirup Buah
3. Kopi Jamu
4. Kopi Instan
5. Virgin Coconut Oil

Pengelola Laboratorium

Kami Berkerja untuk menjujung Tinggi Politeknik Negeri Jember

Ir. Titien Fatimah, MP

Ketua Laboratorium

see detail

Atho’ Amrulloh, SP, MP

Teknisi PNS

see detail

Budi Hariyanto A.Md

Teknisi PNS

see detail

Febian Mukhlis P, SP

Teknisi PPNPN

see detail

Faridatul Hasanah, A.Md

Teknisi PPNPN

see detail

Marmiatul Hasanah, A.Md

Teknisi

see detail

Portal Layanan Laboratorium

Galeri Kegiatan

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris.

Pembuatan Aneka Makanan

Pembuatan Aneka Bumbu

Pembuatan Sale Pisang

Pembuatan Sirup Buah