DISKRIPSI MATA KULIAH

Mata kuliah ini membahas tentang Sistematika dan Tata Cara Penulisan Karya Ilmiah, Kutipan/Saduran, Sumber Rujukan/Pustaka, Ilustrasi pada Karya Tulis Ilmiah, Teknik Penyajian Substansi Awal, Sistematika Tugas Akhir, Praktek Kerja Lapang/Magang Kerja Industri, dan Pembuatan proposal tugas akhir/makalah seminar

AGENDA PRAKTIKUM

ACARA 1 (Pengertian dan Jenis Karya Tulis Ilmiah)

Mahasiswa diharapkan mampu:

  1. Memahami jenis-jenis karya tulis ilmiah
  2. Membedakan jenis karya tulis ilmiah yang dipublikasikan atau tidak

ACARA 2 (Substansi Awal (Halaman sampul dan halaman judul, Daftar Isi/ Tabel/ Grafik/ Gambar/ Lampiran, Kata Pengantar dan Prakata, Abstrak, Ringkasan, penomoran)

Mahasiswa diharapkan mampu:

  1. Menyusun bagian awal substansi dari karya tulis ilmiah
  2. Menjelaskan baian awal substansi karya ilmiah

ACARA 3 (Ilustrasi Tabel, Gambar, Diagram, Grafik)

Mahasiswa diharapkan mampu:

  1. 1. Mengetahui teknis penyajian ilustrasi pada karya tulis ilmiah yang benar sesuai dengan Pedoman  
  2.     Penulisan Karya Ilmiah Politeknik Negeri Jembe
  3. 2. Membuat tampilan ilustrasi (Tabel, Gambar, Diagram, Grafik) pada karya tulis ilmiah seperti pada
  4.     pelaporan hasil kegiatan penelitian, PKL, kewirausahaan.

ACARA 4

ACARA 5

Tujuan Umum

Mahasiswa mampu mengenal dan memahami berbagai macam karya tulis, serta dapat  menuangkan dalam suatu tulisan sesuai  “Pedoman  Teknik Penulisan Imiah” yang disepakati dan dapat dipertanggungjawabkan sebagai acuan untuk menyeragamkan pola pikir ilmiah dalam penyusunan laporan karya tulis ilmiah di Politeknik Negeri Jember

MATERI PEMBERLAJARAN
  1. Deskripsi karya ilmiah dan fungsinya
  2. Ciri-ciri beberapa karya ilmiah
  3. Manfaat dan kendala penulisan ilmiah dan teknik penulilsan halaman judul dan halaman sampul,
  4. Format penulisan skripsi
  5. Kutipan pada penulisan ilmiah
  6. Ilustrasi pada penulisan ilmiah
  7. Daftar Pustaka dan Lampira
  8. Draft Proposal Penelitian dan Jurnal Ilmiah
evaluasi
  1. Ketepatan penjelasan        50%
  2. Komunikasi tertulis           30%
  3. Komunikasi lisan              20%
Staf Pengajar dan Tenaga Kependidikan
  1. Rudi Wardana, S.Pd, M.Si
  2. Ir. Damanhuri, MP
  3. Christa Dyah Utami, SP, MP
  4. Dian Nur Aisi, S.ST