Deskripsi Mata Kuliah

            Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan » Republik Indonesia      SELAMAT DATANG           

 

PADA SISTEM PEMBELAJARAN DARING

PROGRAM STUDI TEKNIK PRODUKSI BENIH

POLITEKNIK NEGERI JEMBER

 

MATA KULIAH : PENYULUHAN DAN KOMUNIKASI PERTANIAN

 

Senang Berbahasa Indonesia - PDF Download Gratis

 

Mata kuliah ini mengembangkan ilmu-ilmu penyuluhan pertanian meliputi segi mikro yakni pengelolaan penyuluhan di tingkat petani dengan pemahaman kondisi masyarakat desa, dan segi makro yang berkaitan dengan pemahaman kebutuhan informasi, mengemas informasi pertanian dan pengembangan penyebaran informasi pertanian dengan komunikasi pertanian.

Capaian Pembelajaran

STANDAR KOMPETENSI (CPL PRODI)

 

Mahasiswa diharapkan dapat mengetahui dan memahami prinsip-prinsip penyuluhan dan komunikasi pertanian serta mampu mengaplikasikannya dalam kegiatan penyuluhan pertanian

 

 

STANDAR KOMPETENSI MATA KULIAH

 

Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu :

Mengetahui dan memahami pentingnya penyuluhan dan komunikasi pertanian.
Mengetahui dan memahami unsur-unsur penyuluhan dan komunikasi.
Mengetahui dan memahami kelembagaan penyuluhan dan komunikasi serta perenannya dalam pembangunan pertanian.
Membuat materi penyuluhan dan komunikasi pertanian
Menilai berita atau informasi yang bermuatan penyuluhan dan komunikasi.
Menunjukkan sikap disiplin, bertanggungjawab dan memiliki keberanian untuk bertanya terhadap hal-hal baru yang ditemui di bidang penyuluhan dan komunikasi pertanian
 

Kata Pengamat Soal Pendidikan Militer untuk Mahasiswa | Republika Online

POKOK BAHASAN

Materi yang disampaikan dalam mata kuliah ini meliputi :

No

Pokok bahasan

Dosen

1.

Kontrak Kuliah

Pendahuluan : Pengertian Penyuluhan

         Pengertian penyuluhan dan komunikasi pertanian

         Peranan penyuluhan dan komunikasi dalam pembangunan               pertanian

2.

    Prinsip, Fungsi dan Sejarah Penyuluhan

Prinsip penyuluhan

Fungsi penyuluhan

Sejarah penyuluhan

3.

    Unsur-Unsur penyuluhan

         Penyuluh pertanian

         Sasaran penyuluhan

4.

    Unsur-unsur penyuluhan

         Materi penyuluhan

         Metode penyuluhan

5.

    Unsur-unsur penyuluhan

         Alat bantu penyuluhan

         Tempat dan waktu penyuluhan

6.

    Kelembagaan penyuluhan dan komunikasi

Kelembagaan penyuluhan dan komunikasi

7.

    Analisis keberhasilan penyuluhan

Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan penyuluhan

8.

   Unsur-Unsur komunikasi

         Sumber

         Pesan

9.

   Unsur-unsur komunikasi

         Saluran

         Penerima

         Efek komunikasi

10.

   Model komunikasi 

         Komunikasi satu tahap

         Komunikasi dua tahap

         Komunikasi tiga tahap

11.

   Strategi komunikasi

         Komunikasi interpersonal

         Media massa sebagai alat bantu dalarn komunikasi

12.

   Inovasi

         Pengertian inovasi

         Syarat inovasi dapat diterima sasaran

         Peran inovasi dalam pembangunan pertanian

13.

Adopsi

         Pengertian adopsi

        Tahap-tahap adopsi

14.

   Difusi

         Pengertian difusi

         Faktor-faktor yang mempengaruhi difusi

         Diseminasi

 

Imajinasi Tanpa Sekat: Karikatur Pendidikan

 

Metode Pembelajaran

Ceramah, Diskusi dan Tanya Jawab secara daring melalui LMS JPP

 

IndonesiaBaik.Id - Harus Pembelajaran via Daring? Kenapa Tidak?! | Facebook

Bahan Pustaka

Untuk mengembangkan wawasan mahasiswa dalam mata kuliah ini, maka diharapkan mahasiswa juga menggunakan referensi beberapa buku dibawah ini :

 

Azis Turindra. 2011. Proses Komunikasi Dalam Penyuluhan. file:///D:/proses-komunikasi-dalam-penyuluhan.html
Ermina Yogasuria. 2010. Komunikasi Dalam Penyuluhan Pertanian.
Machmud SM. 2006. Penyuluhan Pertanian: Bahan Ajar Kuliah Ilmu penyuluhan. IPB. Mardikanto
Mardikanto. 1993. Penyuluhan Pembangunan Pertanian. Surakarta: Sebelas Maret University Press
Ray. 1998. Extension Communication and Management. India: Naya Prokash Roelling and Wagemakers. 1988. Facilitating Sustainable Agriculture. Cambridge University Press: UK
Samsudin. 1994. Manajemen Penyuluhan. Binacipta
Soekartawi. 1988. Prinsip Dasar Komunikasi Pertanian. Universitas Indonesia: UI Press.
Steward L dan Sylvia Moss. 1996. Human communication. Prinsip-Prinsip Dasar. Terjemahan oleh Dedy Mulyana dan Gembirasari. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Swanson, Bentz, and Sofranko. 1997. Improving Agricultural Extension, A Reference Manual. FAO
Totok. 1992. Penyuluhan Pembangunan Pertanian. Surakarta: Sebelas Maret University Press.
Yuhana Ida, dkk. 2008. Dasar-Dasar Komunikasi: Bahan kuliah. IPB.
Valera, Martinez and Plopino. 1987. An introduction to Extension Delivery System. Island Publishing House
Van den Ban dan Hawkins. 1999. Penyuluhan Pertanian (terjemahan: Agricultural Extension). Yogyakarta: Kanisius
Dosen Pengampu
 

 

 

 

 

 

 

Team Teaching Matkul

Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian

 

 
Chief Editor – Polije Press

 

 

 

Dwi Rahmawati, SP, MP

Ir. Suwardi, MP | Jurusan Produksi Pertanian

 

 

Ir. Suwardi, MP

Politeknik Negeri Jember - Portal E-Learning, Jurusan Produksi Pertanian -  Kewirausahaan

 

 

Eliyatiningsih, SP, M.Si


 

Evaluasi/Penilaian

 

RUBRIK KETEPATAN PENJELASAN

 

Dimensi

Sangat memuaskan

Memuaskan

Batas

Kurang memuaskan

Dibawah Standar

Kelengkapan konsep

Lengkap (3 konsep) diungkapkan dan sangat sinergi dan terpadu

Lengkap (3 konsep) diungkapkan secara sinergi dan terpadu

Kurang lengkap terungkap namun sinergi

Hanya menunjukkan sebagian konsep saja, dan kurang sinergi

Tidak ada konsep

Kebenaran konsep

Diungkapkan dengan tepat, aspek penting tidak dilewatkan bahkan proses dan analisisnya membantu memahami konsep

Diungkapkan dengan tepat, proses dan analisisnya secara deskriptif cukup mendukung pemahaman

Sebagian besar konsep sudah terungkap, prosesnya dan analisisnya sudah dilakukan namun masih ada yang terlewatkan

Kurang dapat mengungkapkan aspek penting, ada analisisnya saja, tidak ada prosesnya

Tidak ada konsep yang disajikan

 

 

RUBRIK PENILAIAN PRESENTASI

 

GRADE

SKOR

INDIKATOR KINERJA

Sangat kurang

<20

Tidak ada ide yang jelas untuk menyelesaikan masalah

Kurang

21-40

Ada ide yang dikemukakan namun kurang mengena pada permasalahan

Cukup

41-60

Ide yang dikemukakan jelas dan sesuai namun kurang inovatif

Baik

61-80

Ide yang dikemukakan jelas, inovatif, mampu menyelesaikan permasalahan namun cakupannya masih kurang luas

Sangat baik

>80

Ide jelas, inovatif, mampu menyelesaikan masalah dan cakupannya luas

 

Dalam menentukan nilai akhir akan digunakan pembobotan sebagai berikut :

Teori :

UTS 15 %
UAS 15 %
Tugas/Quis 10 %
Sikap/Kehadiran 10 % (Kehadiran HARUS 100%) 

Praktik 50%