PRODUKSI BENIH HASIL IN VITRO

Matakuliah ini menyajikan materi mengenai teknik produksi benih hasil in vitro dengan kajian meliputi teknik pemilihan, penyiapan dan pengkomposisian media tanam untuk aklimatisasi benih hasil in vitro yang berasal dari komoditi hortikultura, pangan dan perkebunan,faktor eksternal yang kritikal (cahaya, media tanam, suhu dan kelembaban) untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan tanaman hasil in vitro, serta teknik perbanyakan melalui kultur anther dan penggunaan teknik benih sintetik untuk penyimpanan plasma nutfah dan benih bebas virus. Dalam matakuliah ini juga diberikan metode analisis statistik untuk percobaan dalam kultur jaringan.

DOSEN DAN TEKNISI PENGAMPU MATA KULIAH

DOSEN PENGAMPU MK:

1. Dr. Netty Ermawati, SP.

2. Dr. Nurul Sjamsijah, MP.

3. Putri Santika, MSc.

 

TEKNISI:

1. RIANINGSIH, SST.

2. DIDIK

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH

MK1

Menguasai teknik sterilisasi yang meliputi sterilisasi ruangan, alat dan bahan dalam persiapan kultur in vitro, serta teknik-teknik sterilisasi jaringan yangdigunakan sebagaisumber eksplant dengan tepat. (KU1, KU2, KK1, KK2, PP1,PP2)

MK2

Menguasai teknik pembuatan dan cara memformulasi media tanam (hara makro dan mikro, zat pengatur tumbuh,dan komponen organik lain) dalam menyokong proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman secara in vitro dan in vivo(KU1, KU2, KU5, KU8, KK1, KK2, PP1,PP2)

MK3

Mampu merancang solusi dari permasalahan yang muncul dilapang terkait faktor-faktor eksternal yang berperan penting dalam perkembangan tanaman pada tahap aklimatisasi. (KU1, KU2, KU5, KU8, KK1, KK2, PP1,PP2)

MK4

Mampu memproduksi dan mengembangkan benih tanaman hortikultura (Anggrek, Krisan, Kentang) hasil kultur invitro (KU1, KU2, KU5, KU8, KK1, KK2, PP1, PP2)

MK5

Mampu memproduksi dan mengembangkan benih tanaman pangan (Padi, umbi-umbian) hasil kultur in vitro (KU1, KU2, KU5, KU8, KK1, KK2, PP1, PP2)

MK6

Mampu memproduksi dan mengembangkan benih tanaman perkebunan (panili, kopi, kakao, tembakau) hasil kultur in vitro (KU1, KU2, KU5, KU8, KK1, KK2, PP1, PP2)

MK7

Mampu menganalisis pertumbuhan tanaman hasil in vitro dengan pendekatan statistik (KUK2, KK2, PP1, PP2)

MK8

Menguasai teknik-teknik modern yang digunakan untuk penyimpanan plasma nutfah benih secara in vitro. (KU1, KU2, KU5, KU8, KK1, KK2, PP1, PP2)