Deskripsi Umum

Tentang Tut Wuri Handayani yang Jadi Semboyan Pendidikan              SELAMAT DATANG           POLIJE (@humaspolije) | Twitter

 

PADA SISTEM PEMBELAJARAN DARING

PROGRAM STUDI TEKNIK PRODUKSI BENIH

POLITEKNIK NEGERI JEMBER

 

MATA KULIAH : DASAR-DASAR AGRONOMI

Langkah-Langkah Budidaya Tanaman Hidroponik di Lahan Sempit | Rumah123.com

Perkuliahan Dasar – dasar Agronomi ini ditujukan untuk memberikan bekal kepada mahasiswa agar memiliki kemampuan dalam menguasai konsep teoritis di bidang pertanian dan budidaya tanaman berbasis  komoditas  secara mandiri maupun bekerja sama dan memiliki kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.  Mahasiswa mampu menganalisis, menginterpretasi, merancang dan mengembangkan teknologi yang efisien, tepat guna yang bermanfaat bagi masyarakat dalam peningkatan produksi pertanian sesuai kaidah pertanian berkelanjutan.

Tujuan

Capaian Pembelajaran Program Studi

  1. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan ajaran agama, moral dan etika;
  2. Mampu berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila;
  3. Mampu bekerjasama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  4. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di  bidang keahliannya secara mandiri;
  5. Mampu menginternalisasi semangat kewirausahaan;
  6. Menguasai konsep teoritis teknik budidaya tanaman secara mendalam; khususnya perakitan benih tanaman secara in vivo dan in vitro, fisiologi dan morfologi benih serta lingkungan tumbuh, interaksi hara dan proteksi tanaman, sertifikasi benih, penanganan panen danpasca panen calon benih terhadap penangkaran benih bermutu tanaman;
  7. mampu memproduksi benih tanaman dengan menggunakan metode vegetatif dan generatif untuk meghasilkan benih yang bebas penyakit, benih hibrida, benih sintetik dan benih tanaman transgenik yang berkualitas dan bersertifikat sesuai dengan standar ISTA(International Seed Testing Association) dan kelas benih yang dihasilkan;
  8. mampu menerapkan pemikian logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan;
  9. mampu menunjukkan kinerja mandiri,bermutu dan terukur;
  10. mampu mengkaji kasus penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya dalam rangka menghasilkan prototype, prosedur baku, desain atau karya sains/teknologi, menyusun hasil kajiannya dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai sains/teknologi, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah

  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasikan masalah dan memberikan solusi melalui penerapan teknologi tepat guna di bidang pertanian (S4, S5, KU1, KU3)
  2. Mahasiswa mampu menguasai konsep dan teori budidaya tanaman berbasis komoditas.
  3. Menguasai konsep dan teori teknologi di bidang pertanian.
  4. Mampu menganalisis, menginterpretasi, menentukan alternative solusi untuk meningkatkan produksi pertanian.
  5. Mampu merancang dan mengembangkan teknologi yang efisien, tepat guna dan bermanfaat bagi
Topik Bahasan

KULIAH

  1. Asal-usul dan Klasifikasi Tanaman (pengertian Kultivar dan Varietas Unggul)
  2. Struktur dan Fungsi Tanaman
  3. Pembiakan Tanaman
  4. Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman
  5. Perbanyakan tanaman secara generatif
  6. Perbanyakan tanaman secara vegetatif
  7. Faktor Lingkungan dalam Pertumbuhan tanaman (Titik Kom pensasi Cahaya)
  8. Sistem-sistem pertanian
  9. Prinsip-prinsip teknik budidaya tanaman (Good Agriculture Practise)
  10. Pendahuluan: Pengertian pertanian dan Tanaman Pertanian
  11. Perkembangan Pertanian
  12. Konsep energi dalam produksi tanaman dan konsep pangan
  13. Kebutuhan manusia dan ketahanan pangan
  14. Produksi Pertanian dan Aliran Energi Pangan sebagai Kebutuhan Manusia

PRAKTIKUM

  1. Pengenalan Infrastruktur dan Prasarana Sarana Pertanian 1 & 2
  2. Pengenalan Tanaman Agronomi
  3. Pertumbuhan Tanaman
  4. Pengamatan Fase Perkembangan Tanaman
  5. Pengamatan Fase Pertumbuhan Tanaman dan Kurva Sigmoid
  6. Perbanyakan Vegetatif dengan Cara Cangkok
  7. Perbanyakan Vegetatif dengan Cara Sambung
  8. Perbanyakan Vegetatif dengan Cara Stek
  9. Pengukuran Intensitas Cahaya Matahari
  10. Evaluasi Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman 1 & 2
  11. Evaluasi Hasil Tugas Perkembangbiakan Tanaman Secara Vegetatif
Metode Pembelajaran

Diskusi Mengasah Kecerdasan Intelektual Halaman all - Kompasiana.com

Pertemuan kelas dan Diskusi   

7 Arti Kata Tugas di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) | Lektur.ID

  Tugas Tambahan

Ikuti 6 Cara Ini, Presentasi Dijamin Sukses - Lifestyle Liputan6.com

  Presentasi

Why E-Learning: Insights into Online Learning and Development | Simplilearn

Penggunaan e learning

 

Pertemuan kelas, diskusi, tugas, presentasi dan praktek, elearning. Pertemuan kelas digunakan saat menjelaskan konsep-konsep dan teori baru, sedangkan diskusi digunakan saat mahasiswa menyusun secara mandiri berbagai konsep berdasarkan pengalaman nyata atau saat memberikan umpan balik kepada mahasiswa. Praktek digunakan untuk mempertajam keterampilan dan pemahaman mahasiswa. 

Pengampu Mata Kulaih
DWI RAHMAWATI, SP, MP   Dwi Rahmawati – Polije Press

 

 

Ir. SUWARDI, MP.

Ir. H. Suwardi, MP

 

 

MARIA 'AZIZAH, SP, M.Si 

Politeknik Negeri Jember - Portal E-Learning, Jurusan Produksi Pertanian -  Perlindungan Tanaman
   


 

Evaluasi/Penilaian

GRADE

SKOR

INDIKATOR KINERJA (RUBRIK)

Sangat Kurang

<20

Tidak ada ide yang jelas untuk menyelesaikan masalah

Kurang

21-40

Ada ide yang dikemukakan, namun kurang sesuai dengan permasalahan

Cukup

41-60

Ide yang dikemukakan jelas dan sesuai, namun kurang inovatif

Baik

61-80

Ide yang dikemukakan jelas, mampu menyelesaikan masalah, inovatif, cakupan tidak terlalu luas

Sangat Baik

>81

Ide, jelas, inovatif, dan mampu menyelesaikan masalah dengan cakupan luas

 

BAHAN KULIAH

BAHAN UTAMA :

BUKU AJAR DASAR-DASAR AGRONOMI

DASAR-DASAR AGRONOMI KONSEP PERTANIAN KONVENSIONAL TERPADU | PNJ Press


REFERENSI LAIN :

  1. Harjadi, S.S. dan Koesriningrum, R. 1973. Pengantar Agronomi. Departemen Agronomi. Fakultas Pertanian. IPB.
  2. Harjadi, S.S. 1979. Pengantar Agronomi. Gramedia. Jakarta.
  3. Jumin, H. B. 2005. Dasar – dasar Agronomi. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
  4. Sadjad, S. 1976. Agronomi Umum. Bahan Kuliah. Departemen Agronomi, Fakultas Pertanian, IPB. Bogor.
  5. Sugito, Y. 1994. Dasar – dasar Agronomi. Fakultas Pertanian. Universitas Brawijaya. Malang.