Teknologi Produksi Sayur
- Fendi Hermawan |
- Ir. Muhammad Zayin Sukri, MP |
- Hanif Fatur Rohman |
- Ir. Tri Rini Kusparwanti, MP |
Mata kuliah ini terdiri dari kuliah dan praktikum. Praktikum merupakan kombinasi antara praktikum kelas dalam bentuk presentasi dan diskusi, serta praktikum lapangan dan laboratorium. Kegiatan praktikum dilakukan secara daring dan luring secara berkelompok atau individu. Alokasi waktu dan materi praktikum disesuaikan dengan materi ajar yang diberikan dalam kuliah.
Mata Kuliah ini membahas tentang teori dan praktek terkait dengan tanaman sayuran meliputi seberapa besar keragaman kultivar, bagaimana standar operasional prosedur atau good agriculture practice yang diterapkan sesuai dengan prasyarat tumbuh dan kesesuaian lahan). Mata kuliah ini juga membahas mengenai tahapan budidaya tanaman berbagai jenis sayuran komersil mulai dari persiapan bahan tanam, penggunaan benih bermutu, pengembangan managerial teknik budidaya secara berkelanjutan dengan metode konvensional dan mutakhir sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP/GAP), kriteria panen dan nilai kualitas produk serta analisa usahataninya.
Course Information
CPL-PRODI DAN CPMK (Capaian Pembelajaran Mata Kuliah)
CPL-PRODI (Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi) Yang Dibebankan Pada Mata Kuliah
S 9 |
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
KU 1 |
Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas pada bidang hortikultura dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku |
KU 2 |
Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur |
KU 3 |
Mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang hortikultura didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri |
KU 4 |
Mampu bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovatif dalam pekerjaannya; |
KK 3 |
Mampu melakukan dan menyelesaikan permasalahan dalam budidaya tanaman hortikultura dengan metode konvensional dan mutakhir sesuai dengan prinsip dan prosedur (SOP/GAP) dari Kementerian Pertanian sehingga dapat dilakukan secara berkelanjutan dengan hasil yang berkualitas; |
KK 4 |
Mampu melakukan dan menerapkan budidaya tanaman hortikultura secara organik sesuai prosedur (SOP/GAP) SNI 6729:2016 dari Badan Standarisasi Nasional dan standar SKKNI No. 07/01/2011 tentang SKKNI bidang pertanian organik tanaman dengan jabatan Fasilitator bidang pertanian organik tanaman; |
KK 5 |
Mampu melakukan dan menggunakan teknologi dalam melaksanakan budidaya tanaman hortikultura secara hidroponik sesuai prosedur (SOP/GAP) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pertanian sehingga dapat berkelanjutan; |
KK 6 |
Mampu melakukan identifikasi dan memilih metode pencegahan dan pengendalian dari organisme pengganggu tanaman secara terpadu sesuai dengan prosedur dari Kementerian Pertanian dan SKKNI No. 08/MEN/1/2011 tentang SKKNI Sektor Pertanian Bidang Pengendalian Organisme Penganggu Tumbuhan dengan jabatan Pengendali Organisme Penganggu Tanaman serta mepertimbangkan masalah keamanan dan kesehatan kerja dan lingkungan sehingga dapat berkelanjutan; |
PP 4 |
Prinsip dan teknik budidaya tanaman hortikultura secara umum sesuai dengan prosedur (SOP/GAP) budidaya hortikultura berkelanjutan; |
PP 5 |
Konsep teoritis dan teknik budidaya tanaman hortikultura secara organik sesuai prosedur (SOP/GAP) secara umum; |
PP 7 |
Prinsip dan teknik budidaya tanaman hortikultura secara hidroponik sesuai prosedur pada umumnya; |
PP 9 |
Konsep teoritis organisme pengganggu tanaman hortikultura secara terpadu dan prinsip serta teknik pencegahan dan pengendaliannya dengan mempertimbangkan masalah keamanan dan kesehatan kerja dan lingkungan secara umum; |
CPMK (Capaian Pembelajaran Mata Kuliah)
-
Mampu menjelaskan tentang sayuran, kenapa masuk produk hortikultura, keragaman tanaman sayuran berdasarkan organ yang dikonsumsi, berdasarkan lokasi tumbuh, serta hubungannya dengan nilai kualitas produk
-
Mampu memproduksi sayur dengan berbagai teknik budidaya secara komersial mulai teknik konvensional sampai mutakhir dengan terampil dilapangan secara komprehensif.
-
Mampu melakukan perhitungan analisa usahatani tanaman sesuai dengan teknik usahatani sayuran komersial yang dilakukan dengan baik
Materi Pembelajaran / Pokok Bahasan
-
Pengertian tanaman sayuran sebagai salah satu produk hortikultura komersial
-
Ciri dan penggolongan sayuran komersial
-
Prospek dan potensi berbagai jenis sayuran komersial
-
Syarat tumbuh dan pemilihan lokasi
-
Persiapan bahan tanam/prasarat benih bermutu
-
Budidaya sayuran secara konvensional
-
Intercroping antar tanaman sayuran
-
Budidaya sayuran secara hidroponik
-
Budidaya organik sayuran
-
Budidaya vertikultur sayuran
-
Budidaya jamur dalam kumbung
-
Analisa usaha tani
RANCANGAN ACARA PERKULIAHAN
Mg Ke- |
Sub-CP-MK Kemampuan Akhir yang Diharapkan |
Indikator |
Kriteria dan Bentuk Penilaian |
Metode Pembelajaran |
Bahan Kajian |
Bobot Penilaian (%) |
|
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|
1-2 |
|
|
Kriteria:
Keterangan : RTM 1 dan Rubrik 3
Bentuk Penilaian: Presentasi dan tes tulis serta laporan Bentuk Non Test:
|
Aktivitas di kelas: Presentation, small group discussion, brainstroming, practice, Collaborative Learning
Bentuk: Kuliah dan Praktikum Kuliah 2 x 2 sks =680’ terbagi menjadi: TM: 2 x (2 x 50’)
BT: 2 x (2 x 60’) Membuat bahan presentasi BM: 2 x (2 x 60’) Membaca Referensi dan materi untuk makalah secara on-line dengan menggunakan internet atau bantuan aplikasi e-Learning kemudian menyusun ringkasan guna persiapan presentasi Praktek 2 x 1 sks = 340’ terbagi menjadi: PR: 2 x (2 X 60’) Mengerjakan BKPM:
Tugas : BKPM PL: 2 x (1 X 50’)
On-line: E-learning: https://jpp.polije.ac.id/elearning/ |
|
10% |
|
3 |
Masiswa mampu menentukan prasyarat lokasi, memahami SOP persiapan lahan sesuai kebutuhan pertumbuhan dan perkembangan tanaman sayuran dengan terampil |
|
Kriteria: Pengetahuan, ketepatan mengidentifikasikan, menentukan, dan melakukan dengan baik dan benar
Keterangan : RTM 2 dan Rubrik 1 dan 2
Bentuk Penilaian: Presentasi dan tes tulis, serta makalah Individu Bentuk Non Test:
|
Aktivitas di kelas: Presentation, small group discussion, brainstroming, practice Bentuk: Kuliah dan Praktikum Kuliah 2 x 1 sks =340’ terbagi menjadi: TM: 2 x (1 x 50’)
BT: 2 x (1 x 60’) Membuat bahan presentasi BM: 2 x (1 x 60’) Membaca Referensi dan materi untuk makalah secara on-line dengan menggunakan internet atau bantuan aplikasi e-Learning kemudian menyusun ringkasan guna persiapan presentasi
Praktek 1 x 1 sks = 170’ terbagi menjadi: PR: 1 x (2 X 60’) Mengerjakan BKPM:
Tugas : BKPM PL: 1 x (1 X 50’)
On-line: E-learning: https://jpp.polije.ac.id/elearning/ |
|
10% |
|
4-5 |
|
Kriteria:
Keterangan : RTM 3 dan Rubrik 3
Bentuk Penilaian: Presentasi dan tes tulis dan laporan Bentuk Non Test:
|
Aktivitas di kelas: Presentation, small group discussion, brainstroming, practice Bentuk: Kuliah dan Praktikum Kuliah 2 x 2 sks =680’ terbagi menjadi: TM: 2 x (2 x 50’) BT: 2 x (2 x 60’) Membuat bahan presentasi BM: 2 x (2 x 60’) Membaca Referensi dan materi untuk makalah secara on-line dengan menggunakan internet atau bantuan aplikasi e-Learning kemudian menyusun ringkasan guna persiapan presentasi Praktek 2 x 2 sks = 340’ terbagi menjadi: PR: 2 x (2 X 60’) Mengerjakan BKPM:
Tugas : BKPM PL: 2 x (1 X 50’) On-line: E-learning: https://jpp.polije.ac.id/elearning/ |
SOP pemilihan bahan tanam untuk budidaya sayuran |
15% |
|
|
6-7 |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan melakukan dengan terampil teknik budidaya konvensional monokultur/tumpangsari/organik sesuai SOP berdasar karakter pertumbuhan dan perkembangan tanaman sayuran |
|
Kriteria: Pengetahuan, ketepatan mengidentifikasikan, menentukan, dan melakukan dengan baik dan benar
Keterangan : RTM 4 dan Rubrik 1 dan 3
Bentuk Penilaian: Presentasi dan tes tulis, serta makalah kelompok, laporan Bentuk Non Test:
|
Aktivitas di kelas: Presentation, small group discussion, brainstroming, practice Bentuk: Kuliah dan Praktikum Kuliah 2 x 2 sks =680’ terbagi menjadi: TM: 2 x (2 x 50’) BT: 2 x (2 x 60’) Membuat bahan presentasi BM: 2 x (2 x 60’) Membaca Referensi dan materi untuk makalah secara on-line dengan menggunakan internet atau bantuan aplikasi e-Learning kemudian menyusun ringkasan guna persiapan presentasi Praktek 2 x 1 sks = 340’ terbagi menjadi: PR: 2 x (2 X 60’)
Mengerjakan BKPM:
Tugas : BKPM PL: 2 x (1 X 50’)
On-line: E-learning: https://jpp.polije.ac.id/elearning/ |
Teknik budidaya sayuran secara monokultur/tumpanagsari/organik |
15% |
|
EVALUASI TENGAH SEMESTER : Validasi hasil penilaian, evaluasi dan perbaikan proses pembelajaran selanjutnya |
|||||||
9-10 |
|
Kriteria: Pengetahuan, ketepatan mengidentifikasikan, menentukan, dan melakukan dengan baik dan benar
Keterangan : RTM 5 dan Rubrik 1 dan 3
Bentuk Penilaian: Presentasi dan tes tulis, serta makalah kelompok, laporan Bentuk Non Test:
|
Aktivitas di kelas: Presentation, small group discussion, brainstroming, practice Project Based Learning
Bentuk: Kuliah dan Praktikum Kuliah 2 x 2 sks =680’ terbagi menjadi: TM: 2 x (2 x 50’) BT: 2 x (2 x 60’) Membuat bahan presentasi BM: 2 x (2 x 60’) Membaca Referensi dan materi untuk makalah secara on-line dengan menggunakan internet atau bantuan aplikasi e-Learning kemudian menyusun ringkasan guna persiapan presentasi Praktek 2 x 2 sks = 340’ terbagi menjadi: PR: 2 x (2 X 60’)
Mengerjakan BKPM:
Tugas : BKPM PL: 2 x (1 X 50’)
On-line: E-learning: https://jpp.polije.ac.id/elearning/ |
Teknik bertanam secara vertika |
15% |
|
|
11-13 |
|
Kriteria: Pengetahuan, ketepatan mengidentifikasikan, menentukan, dan melakukan dengan baik dan benar
Keterangan : RTM 6 dan Rubrik 1 dan 2/3
Bentuk Penilaian: Presentasi dan tes tulis, serta makalah Individu/kelompok Bentuk Non Test:
|
Aktivitas di kelas Presentation, small group discussion, brainstroming, practice Project Based Learning Bentuk: Kuliah dan Praktikum Kuliah 3 x 2 sks =1020’ terbagi menjadi BT: 3 x (2 x 60’) Membuat bahan presentasi BM: 3 x (2 x 60’) Membaca Referensi dan materi untuk makalah secara on-line dengan menggunakan internet atau bantuan aplikasi e-Learning kemudian menyusun ringkasan guna persiapan presentasi Praktek 3 x 1 sks = 510’ terbagi menjadi: PR: 3 x (2 X 60’)
Mengerjakan BKPM:
Tugas : BKPM PL: 3 x (1 X 50’)
On-line: E-learning: https://jpp.polije.ac.id/elearning/ |
Budidaya sayuran secara hidroponik |
15% |
|
|
14 |
|
Kriteria: Pengetahuan, ketepatan mengidentifikasikan, menentukan, dan melakukan dengan baik dan benar
Keterangan : RTM 7 dan rubrik 3
Bentuk Penilaian: Presentasi dan tes tulis, serta makalah kelompok Bentuk Non Test:
|
Aktivitas di kelas Presentation, small group discussion, brainstroming, practice
Bentuk: Kuliah dan Praktikum Kuliah 1 x 2 sks =340’ terbagi menjadi: TM: 1 x (2 x 50’) BT: 1 x (2 x 60’) Membuat bahan presentasi BM: 1 x (2 x 60’) Membaca Referensi dan materi untuk makalah secara on-line dengan menggunakan internet atau bantuan aplikasi e-Learning kemudian menyusun ringkasan guna persiapan presentasi Praktek 1 x 1 sks = 170’ terbagi menjadi: PR: 1 x (2 X 60’)
Mengerjakan BKPM:
Tugas : BKPM PL: 1 x (1 X 50’)
On-line: E-learning: https://jpp.polije.ac.id/elearning/ |
Budidaya Jamur |
10% |
|
|
15 |
|
|
Kriteria: Pengetahuan, ketepatan mengidentifikasikan, menentukan, dan melakukan dengan baik dan benar
Keterangan : RTM 8 dan rubrik 3
Bentuk Penilaian: Presentasi dan tes tulis, serta makalah kelompok Bentuk Non Test:
|
Aktivitas di kelas Presentation, small group discussion, brainstroming, practice Bentuk: Kuliah dan Praktikum Kuliah 1 x 2 sks =340’ terbagi menjadi: TM: 2 x (2 x 50’) BT: 2 x (2 x 60’) Membuat bahan presentasi BM: 2 x (2 x 60’) Membaca Referensi dan materi untuk makalah secara on-line dengan menggunakan internet atau bantuan aplikasi e-Learning kemudian menyusun ringkasan guna persiapan presentasi Praktek 1 x 1 sks = 170’ terbagi menjadi: PR: 1 x (2 X 60’)
Mengerjakan BKPM:
Tugas : BKPM PL: 1 x (1 X 50’)
On-line: E-learning: https://jpp.polije.ac.id/elearning/ |
Analisis Usaha Tani |
10% |
|
EVALUASI AKHIR SEMESTER : Melakukan validasi penilaian akhir, evaluasi dan menentukan kelulusan mahasiswa |
CATATAN:
-
Capaian Pembelajaran Lulusan PRODI (CPL-PRODI) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan PRODI yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
-
CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-PRODI) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
-
CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
-
Sub-CP Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
-
Kriteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kriteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kriteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
-
Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
Waktu Perkuliahan
-
Kuliah 1 sks = 170’ terbagi menjadi:
TM (Tatap Muka) : 1 x 50’
BT (Belajar Terstruktur) 1 x 60’
BM (Belajar Mandiri) : 1 x 60’
-
Praktek 1 sks = 170’ terbagi menjadi:
PR (Praktek) : 2 x 60’
PL (Penyusunan Laporan) : 1 x 50
Pustaka
|
Team Teaching
Dosen Ir. Tri Rini Kusparwanti, MP., Refa Firgiyanto S.P., M.Si, Ir. M. Zayin Sukri M.P
Teknisi Pendik Hermawan, A.Md Fanani |
Kriteria Penilaian Akhir Mata Kuliah
Strategi Penilaian |
: |
a. Aktivitas pada waktu kuliah/praktikum b. Pretest/postes pada waktu kuliah /praktik |
Metode Penilaian Teori
Metode Penilaian Praktikum
Kondisi Penilaian |
:
:
: |
Terdiri atas: Ujian Tengah Semester : 25% Ujian Akhir Semester : 25% Tugas, Quis : 10%
Penilian Praktikum 40% Terdiri dari unsur: Nilai Lapang : 50% Sikap/keaktifn : 20% Laporan praktikum : 30%
Ujian tulis, Ujian lisan, Tugas |
Kriteria penilaian prestasi belajar mahasiswa.
Nilai Huruf Mutu |
RANGE NILAI untuk NHM (MAX 100; MIN 0) |
Kriteria |
|
4,0 |
A |
>80 |
Istimewa |
3,5 |
AB |
76<NA<=80 |
Sangat Baik |
3,0 |
B |
71<NA<=76 |
Baik |
2,5 |
BC |
66<NA<=71 |
Cukup Baik |
2,0 |
C |
56<NA<=66 |
Cukup |
1,0 |
D |
46<NA<=56 |
Kurang |
0.0 |
E |
NA<=46 |
Gagal |
Coaches
Fendi Hermawan
Ir. Muhammad Zayin Sukri, MP
Hanif Fatur Rohman
Ir. Tri Rini Kusparwanti, MP